Waspada Inilah 7 Makanan Penyebab Batu Ginjal

Waspada Inilah Makanan Penyebab Batu Ginjal,- Ginjal memiliki peran penting dalam menyaring dan mengeluarkan sisa maikanan manusia. Setiap hari ginjal menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah dan kemudian dikeluarkan dari tubuh berbentuk urine. Namun jika mengkonsumsi makanan sembarangan maka akan mengganggu filtrasi (penyaringan) dalam ginjal dan mengakibatkan penyakit, seperti batu ginjal.

Menurut US Census Bureu pada tahun 2004, jumlah penderita batu ginjal di Indonesia diperkirakan mencapai 876.000 orang. Batu ginjal merupakan kondisi yang cukup umum diderita oleh orang-orang yang berusia 30 hingga 60 tahun. Penyakit ini lebih banyak diderita oleh pria dibandingkan wanita. Penyakit Batu ginjal adalah terbentuknya endapan keras yang menyerupai batu di dalam ginjal. Endapan itu berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang dipisahkan ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal dan menjadi batu ginjal.

Gejala akibat batu ginjal biasanya tidak akan dirasakan penderitanya jika batu tersebut masih berada di dalam ginjal. Gejala juga tidak akan terasa jika batu ginjal berukuran sangat kecil sehingga bisa keluar dari tubuh melalui ureter dengan mudah. Gejala akibat batu ginjal baru bisa terasa jika batu berukuran lebih besar dari diameter saluran ureter. Batu yang besar akan bergesekan dengan lapisan dinding uterer sehingga menyebabkan iritasi dan bahkan luka. Oleh sebab itu, urin kadang bisa mengandung darah.

Batu Ginjal di sebabkan oleh makanan yang dikonsumsi atau karena masalah kesehatan lain yang mendasari. Berdasarkan jenisnya batu ginjal terdapat empat jenis utama, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin. Dengan demikian kita harus bisa menjaga diri kita dari penyakit batu ginjal dan mengetahui Makanan Penyebab Batu Ginjal.

Waspada Inilah 7 Makanan Penyebab Batu Ginjal

  • Pemanis buatan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemanis non-kalori dapat merusak fungsi ginjal, jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Jadi, yang terbaik adalah memilih pemanis alami seperti madu.
  • Produk susu
Produk susu tinggi kalsium baik untuk membangun tulang yang kuat. Namun, bagi mereka yang rentan terhadap batu ginjal, kalsium bukanlah teman. Bahkan, kalsium dapat meningkatkan ekskresi kalsium dalam urine, sehingga limbahnya lebih sulit untuk dibuang sehingga mendorong terbentuknya batu ginjal.
  • Tidak terlalu banyak mengkonsumsi Tahu
Bagi penderita batu ginjal bukan divonis tidak boleh mengonsumsi tahu melainkan menurut  Dokter Zhang Lei, wakil kepala Divisi Ginjal di Rumah Sakit Ginjal Ke -5 yang berafiliasi pada Fakultas Kedokteran Xin Jiang mengatakan:”Jika pasien menderita batu ginjal yang diakibatkan oleh tingginya asam kemih (uric acid), maka perlu mengurangi konsumsi produk kedelai.”
  • Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi (soda, minuman energi, dan jus kemasan) akan meningkatkan risiko batu ginjal dan bahkan menempatkan Anda pada risiko penyakit ginjal.
  • Sarden
Jika Anda rentan terhadap batu ginjal, Anda harus membatasi asupan tinggi purin (senyawa organik yang dapat meningkatkan aroma). Dan karena sarden tinggi purin, sebaiknya batasi konsumsinya.
  • Daging
Protein hewani dapat mendorong pembentukan batu ginjal dan juga kerusakan ginjal. Konsumsi makanan tinggi protein dapat menempatkan tekanan pada ginjal karena limbah protein sulit untuk dibuang. Perlu diketahui bahwa daging juga tinggi asam urat, penyebab umum dari batu ginjal
  • Kafein
 

Konsumsi kafein yang berlebihan dapat mengarahkan pada pengembangan batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi dalam urine. Hal tersebut juga memicu gagal ginjal karena ada stimulan yang dapat membuat organ kelelahan. Kafein bisa ditemukan dalam kopi, teh, dan soda.

Itulah makanan  yang dapat menyebabkan batu ginjal. Penting sekali untuk kita mengetahui makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal karena kita bisa lebih Waspada terhadap Makanan Penyebab Batu Ginjal. Mengingat betapa bahayanya batu ginjal, kita harus selalu menjauhi makanan yang dapat menyebabkan batu ginjal. Sebaiknya anda mengkonsumsi Apel, anggur merah, buah ceri, bawang putih, kecambah, minyak zaitun,  kubis, yoghurt, ikan dll.

Untuk Anda yang memiliki penyakit batu ginjal harus bisa menjaga pola hidup sehat agar dapat tetap menjaga kesehatan ginjal, dan untuk pengobatan Anda bisa mengandalkan obat herbal alami yang dapat mengeluarkan batu ginjal tanpa perlu operasi dan biaya mahal.

Rekomendasi Untuk Mengobati Batu Ginjal


Untuk mengobati batu ginjal Anda bisa mengandalkan Cara Alami Mengeluarkan Batu Ginjal tanpa Operasi dengan Kidney Care Capsule yang memiliki dua varian yaitu  Kidney Care Capsule for men (Khusus Laki-laki)  dan Kidney Care Capsul for Woman (Khusus Perempuan) keduanya telah mendapatkan legalitas resmi BPOM untuk Kidney Care Capsule for men TI114345811 dan untuk Kidney Care Capsul for Women TI114345801 sehingga sudah pasti terjaga keaslian dan kealamiaanya.

 
Informasi Harga dan Pemesanan

http://ndinisite.blogspot.co.id/2015/08/cara-alami-mengeluarkan-batu-ginjal.html

Waspada Inilah Makanan Penyebab Batu Ginjal



Related Posts
Previous
« Prev Post