Makanan yang Bisa Menghambat / Sulit Hamil

Makanan yang Bisa Menghambat / Sulit Hamil,- Kehamilan adalah hal yang diinginkan oleh semua pasangan, mendapatkan keturunan merupakan anugerah yang di harapkan setiap orang. Teatapi lain hal nya jika beberapa pasangan yang sulit untuk mendapatkan kehamilan akan mencari cara agar cepat hamil, jika anda salah satunya berikut beberapa makanan yang harus anda ketahui karena dapat menghambat kehamilan, diantaranya :

 

1. Asupan kafein berlebih.

Bila Anda pecinta kopi atau teh yang mengandung kafein tinggi, sebaiknya kurangi asupannya kurang dari 200 mg per hari. Mengonsumsi kafein di atas 200 mg per hari, atau sebanding dengan dua cangkir kopi, dapat menghambat kesuburan. Terlebih saat hamil, karena kafein dapat mengganggu kemampuan tubuh menyerap zat besi, menyebabkan dehidrasi, dan, bila dikonsumsi dalam dosis tinggi, dapat meningkatkan risiko keguguran atau bayi lahir prematur.

 

2. Konsumsi alkohol

Dalam masa-masa prakehamilan, konsumsi alkohol yang berlebihan (dua gelas minuman dalam satu hari) dapat menyebabkan terhambatnya menstruasi, siklus haid jadi tidak teratur, terganggunya ovulasi dan kesuburan, serta kadar estrogen dan progesteron yang tidak normal. 

Siklus haid yang tidak teratur jelas membuat Anda sulit melakukan perhitungan masa ovulasi. Konsumsi alkohol pada masa prakehamilan juga meningkatkan risiko sindrom alkohol janin. Ajak pasangan Anda untuk juga meninggalkan alkohol. Banyak penelitian membuktikan, alkohol berperan besar menurunkan kesuburan sperma pria.

 

3. Makanan laut bermerkuri

Beberapa ikan laut dipercaya terkontaminasi merkuri dalam kadar tinggi, misalnya ikan marlin, ikan todak, ikan hiu, makerel  (tengiri) besar, dan tuna sirip biru. Bila mengonsumsi ikan-ikan tersebut, merkuri bisa tinggal dalam darah Anda selama bertahun-tahun. Tingginya kadar merkuri dalam darah maka akan berbahaya bagi kehamilan, terutama perkembangan otak janin dan sistem sarafnya. Bagi Anda pecinta seafood, ada beberapa makanan laut yang masih aman untuk dikonsumsi selama mengupayakan kehamilan. Contohnya, ikan teri, kepiting, udang, makerel kecil, salmon liar, sardin, cumi-cumi, dan tiram. Cukup makan makanan laut ini dua kali seminggu demi menjaga ambang merkurinya di dalam darah. 

 

4. Makanan olahan

Junk food, keju olahan/soft cheese. Tidak mengandung zat gizi untuk mempercepat kehamilan dan bagi calon janin. Jadi, selama prakehamilan hindarilah makanan ini karena dapat memperlambat kehamilan.

 

5. Jenis makanan berpengawet dapat memperlambat kehamilan

 

6. Makanan kaleng, sarden dapat memperlambat kehamilan

 




Related Posts
Previous
« Prev Post
First